Man Shabara Zhafira, Man Jadda Wajada

        kawan ada sedikit cuplikan kata-kata inspiratif ne,,, cuplikan ini saya dapat dari novel R3W (Ranah Tiga Warna), yang mana didalam novel ini menceritakan kehidupan seorang laki-laki bernama alif yang selalu punya tekat keras disertai kesabaran yang super tinggi untuk mencapai apa yang menjadi tujuan-nya. ini inti dari novel yang saya dapat... 
Bekal dari seorang kiai untuk anak didiknya : 
anak-anakku akan tiba masa ketika kalian dihadang badai dalam hidup. bisa badai di luar diri kalian, bisa badai di dalam diri kalian. hadapilah dengan tabah dan sabar, jangan lari. badai pasti akan berlalu. 
anak-anakku badai paling dahsyat dalam sejarah manusia adalah badai jiwa, badai rohani, badai hati. inilah badai dalam perjalanan menemukan dirinya yang sejati. inilah badai yang bisa membongkar dan mengempaskan iman, logika, kepercayaan diri, dan tujuan hidup. akibat badai ini bisa lebih hebat dari badai ragawi. menangilah badai rohani dengan iman dan sabar, kalian akan menjinakkan dunia akhirat. 
anak-anakku bila badai datang. hadapi dengan iman dan sabar. laut tenang ada untuk dinikmati dan disyukuri. sebaliknya laut badai ada untuk ditakhlukkan, bukan ditangisi. bukankah karakter pelaut andal ditatah oleh badai yang silih berganti ketika melintas lautan tak bertepi? 
nah begitu kawan,,, adanya halangan dalam sebuah kehidupan ini tidak untuk dihindari tapi harus kita takhlukkan dan tentunya dengan iman dan sabar. 

dan selanjutnya ini merupakan cuplikan diary dari alif : 
hidupku selama ini membuatku insaf untuk menjinakkan badadi hidup, "mantra" man jadda wajada saja ternyata tidak cukup sakti. antara sungguh-sungguh dan sukses itu tidak bersebelahan, tapi ada jarak. jarak ini bisa hanya satu sentimeter, tapi bisa juga ribuan kilometer. jarak ini bisa ditempuh dengan hitungan detik, tapi juga bisa puluhan tahun. 
jarak antara sungguh -sungguh dan sukses hanya bisa diisi sabar. sabar yang aktif, sabar yang gigih, sabar yang tidak menyerah, sabar yang penuh dari pangkal sampai ujung yang paling ujung. sabar yang bisa membuat sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin, bahkan seakan-akan itu sebuah keajaiban dan keberuntungan. padahal keberuntungan adalah hasil kerja keras, doa, dan sabar yang berlebih lebih.
bagaimanapun tingginya impian, dia tetap wajib dibela habis-habisan walau hidup sudah digelung oleh nestapa akut. hanya dengan sungguh-sungguh jalan sukses terbuka. tapi hanya dengan sabarlah takdir itu terkuak menjadi nyata. dan tuhan selalu memilihkan yang terbaik dan paling kita butuhkan. itulah hadiah Tuhan buat hati yang kukuh dan sabar.
sabar itu awalnya terasa pahit, tetapi akhirnya lebih manis daripada madu. dan Alhamdulillah, aku (alif) sudah mereguk madu itu. Man shabara zhafira. siapa yang sabar akan beruntung...

begitu kawan sedikit cuplikan kata-kata dari novel yang saya baca. semoga bisa memberikan inspiratif positif bagi kawan-kawan semuanya... pengen cerita lebih lengkapnya ? baca saja novel R3W... :)

Comments

Popular Posts